4 Phases of Consumer Sentiment

Model yang memetakan 4 fase kecemasan konsumen selama krisis Covid-19 di Indonesia yang disusun berdasarkan 4 kategori yaitu trigering events, customer priority, behavior changes, dan purchase best seller.

Model ini mencoba menjabarkan mengenai kecemasan konsumen selama krisis Covid-19 di Indonesia yang dipetakan kedalam 4 tahapan. Dimana masing-masing tahapan akan dikategorikan berdasarkan triggering events, customer priority, behavior changes dan purchase best seller.

Tahapan pertama, “Anxious”, menggambarkan tahap awal konsumen mulai mengalami kecemasan. Hal ini ditandai dengan:

Tahapan kedua, “Fear”, menggambarkan mengenai tingkat ketakutan konsumen yang semakin naik. Hal ini ditandai dengan:

Tahapan ketiga, “Panic”, tahapan ini merupakan tahapan puncak dari krisis Covid-19 dimana kepanikan konsumen meningkat tajam dan berada di puncaknya. Hal ini ditandai dengan:

Tahapan terakhir “New Normal”, tahapan ini mencerminkan keadaan konsumen setelah krisis Covid-19 berakhir dan menuju terbentuknya New Normal. Hal ini ditandai dengan: