Global Chaser Strategic Options

Matriks yang memetakan empat pilihan strategi brand lokal/nasional dalam melebarkan sayap ke pasar luar negeri dan membangun brand global.

Beberapa merek Indonesia berhasil melebarkan sayap menembus pasar luar negeri. Indofood, Kalbe, atau Mayora adalah contoh merek lokal yang perkasa di pentas dunia. Kami menyebut mereka Global Chaser.

Kami membagi empat posisi strategis Global Chaser yaitu: Export CoOEM CoGlobal Co, dan Glocal Co. Empat posisi tersebut diperoleh dengan mengacu pada dua parameter. 

 

Pertama, tingkat kemampuan perusahaan dalam mengembangkan rantai aktivitas global (global activitychain).

Kedua, tingkat kemampuan perusahaan dalam melakukan penyesuaian produk dan layanan mengikuti kondisi dan karakteristik pasar di negara yang ditarget (global customization). 

 

Untuk lengkapnya keempat posisi tersebut bisa dilihat pada matriks di bawah. Mengacu pada matriks berikut, ada empat pilihan strategi yang bisa diambil oleh Global Chaser, yaitu: