How: Project Approach

Proyek penulisan buku dimulai dari riset, analisis, penulisan, layout, hingga penerbitan/pendistribusian. Berminat menulis buku? Hubungi kami.

Proyek penulisan buku umumnya mengikuti alur proses seperti terlihat pada bagan.

Proses penulisan diawali dengan desk research untuk merumuskan konsep dan kerangka isi awal yang diusulkan ke klien. Rumusan awal ini akan menjadi panduan dalam melakukan riset penulisan buku.

Wawancara ke narasumber dan pengumpulan bahan tulisan dan data pendukung dari internal maupun eksternal perusahaan. Secara paralel dilakukan desk research untuk mengumpulkan data sekunder dan studi literatur untuk mengeksplorasi rujukan konseptual.

Melakukan pemilahan data hasil riset, analisis, dan perumusan konsep isi final sebelum ditulis dalam bentuk naskah buku. Setelah konsep buku dirumuskan oleh tim penulis, kemudian dilakukan workshop bersama counterpart team untuk mendapatkan masukan dan pengayaan isi.

Penulisan draft buku berdasarkan analisis dan konsep isi yang sudah disetujui di dalam workshop bersama counterpart team. Di fase ini juga disiapkan foto, bagan, dan ilustrasi yang diperlukan. 

Setelah seluruh draft bab buku selesai ditulis, maka tim penulis akan menyampaikannya ke klien melalui counterpart team untuk mendapatkan masukan-masukan. Berdasarkan masukan tersebut dilakukan revisi dan penyuntingan buku.

Setelah proses revisi dan penyuntingan, maka buku siap untuk di-layout dan didesain. Bersamaan dengan proses layout/desain isi, dilakukan desain cover dan back cover buku.

Naskah buku yang sudah di-layout akan diajukan kepada klien untuk mendapatkan persetujuan terakhir baik dari sisi isi maupun tampilan. Setelah disetujui, maka buku siap untuk dicetak, diluncurkan, dan didistribusikan.