Search
Close this search box.

Millennials Kill Television | The rise of on-demand

Era digital menyebabkan banyak perubahan dalam berbagai industri termasuk pada industri media dan hiburan. Generasi milenial kini jadi kelompok yang paling akrab dengan teknologi mobile. Mereka bahkan tak bisa lepas dari kehadiran smartphone yang mendukung kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh IDN, televisi tetap menjadi media utama yang diakses oleh generasi milenial (97%). Sedangkan media digital menempati urutan kedua (54,5%).

Akan tetapi meningkatnya durasi konsumsi media digital ini serta-merta akan diikuti berkurangnya durasi konsumsi media lainnya seperti televisi. Durasi menonton yang minimal dapat dikarenakan oleh kualitas konten yang tidak sesuai dengan preferensi konsumen khususnya milenial.

Milenial adalah generasi yang high-quality content-seeker. Mereka menginginkan konten-konten berkualitas yang hanya mereka sukai. Ribuan film berbagai genre, berita, konten pengetahuan, atau video musik dari beragam artis dapat diakses melalui layanan video online streaming.

Belum lagi kehadiran konten kreator (video blogger) yang membahas beraneka-ragam tema seperti fesyen, kuliner, travelling, kecantikan, bahkan politik memiliki peran yang cukup besar terhadap pergesaran konsumsi media di kalangan milenial.

Milenial lekat dengan fleksibilitas. Penggunaan smartphone dan internet adalah kunci dalam menunjang gaya hidup yang fleksibel. Artinya bahwa milenial ingin kebebasan mengakses konten favorit dimanapun dan kapanpun mereka menginginkan.

Layanan video-on-demand (VOD) serta jaringan televisi berbayar telah menggantikan kebiasaan milenial menonton televisi secara langsung.

Personal Branding Matters

Personal Branding Matters

Inilah kesalahan terbesar CEO, manager, dan biz owner UKM, yaitu tidak mensinergikan personal branding dengan business branding usahanya. Lalu bagaimana…

The Birth of Leisure Economy

The Birth of Leisure Economy

E-book ini mengulas mengenai kondisi bisnis Indonesia yang mulai mengalami pergeseran konsumsi masyarakat secara pelan tapi pasti. Terdapat 3 pembagian…

The Dark Global Economy, The Brigth Local Champions

The Dark Global Economy, The Brigth Local Champions

Tahun 2023 akan menjadi tahun yang penuh tantangan dan harapan baru yang ditandai oleh 3 change drive seperti disrupsi pasca-pandemi,…

Welcome The Age of FOMO Marketing

Welcome The Age of FOMO Marketing

Pernahkah kamu memantau situs penjualan tiket (hingga berjam-jam) untuk dapat menonton konser idolamu? Atau, apakah kamu seorang yang selalu mengecek…

The Rise of Ecosystem Selling

The Rise of Ecosystem Selling

Di era digital, penjualan B2B (business to business) tidak bisa lagi dilakukan ke konsumen secara individual (satu-persatu), tapi menggunakan pendekatan…