Search
Close this search box.

Brand Harus Menjadi Human - Amalia Prabowo

Amalia Prabowo, seorang pakar dalam bidang komunikasi dan pemasaran, serta Authorized Global Partner Alibaba.com di Indonesia, membahas tiga tantangan besar yang dihadapi oleh para pemasar saat ini. Pertama, digitalisasi telah memunculkan model bisnis baru seperti sharing ekonomi, di mana brand dan audiens dapat bersama-sama menjadi besar tanpa memiliki aset fisik yang besar. Contohnya adalah perusahaan seperti go-jek dan Airbnb, yang telah mengubah paradigma dalam industri transportasi dan hospitality.

Kedua, dalam era media sosial yang berkembang pesat, kolaborasi antara brand dan mitra menjadi semakin penting. Para pemasar harus beradaptasi dengan cepat dan menjadi lebih responsif terhadap perubahan yang terjadi. Tantangan lainnya adalah menjadi lebih manusiawi dalam interaksi dengan audiens, karena transparansi dan keterbukaan menjadi kunci dalam membangun kepercayaan dan hubungan yang kuat dengan konsumen.

Terakhir, brand saat ini harus menjadi human yang bisa di kritik dan menerima saran serta perubahan. Brand-brand harus siap untuk menghadapi audiens yang semakin kritis dan cerdas dalam menilai klaim-klaim yang disampaikan. Dalam era di mana setiap individu memiliki kemampuan untuk menjadi publisher, brand harus menjadi lebih jujur dan autentik dalam komunikasinya. Dengan demikian, para pemasar harus memperkuat strategi mereka dengan responsif, kolaboratif, dan transparan, guna menghadapi tantangan-tantangan ini dengan sukses.