fbpx

Building Brand in the Covid-19 Crisis

Model yang menggambarkan 5 prinsip strategi dan 3 taktik komunikasi dalam membangun brand di masa krisis Covid-19

Model ini memberikan guideline bagaimana strategi efektif untuk membangun dan memasarkan brand ke konsumen pada masa krisis Covid-19. Ada 5 prinsip strategi dan 3 taktik komunikasi yang harus diikuti oleh marketer untuk memenangkan hati konsumen.

Empathy will touch customer’s deepest heart.

Win your customer with love and compassion”.

Brand harus menunjukan kepedulian dan empati yaitu dengan melakukan action yang konkrit

Brand is a corporate citizen, not just an economic animal. Be responsible”.

Brand harus berperan sebagai warga negara yang baik, bukan hanya entitas pencetak laba, sebaliknya, brand selalu peduli dengan masalah-masalah sosial.

Useful brand creates social benefit, not just business one.

Usefulness leads to reputation”.

Brand harus memberikan kemanfaatan baik kemanfaatan bisnis maupun kemanfaatan sosial.

It’s time to give. The more we give, the more we get”.

Brand harus impactfull alias brand harus intens memberikan sesuatu yang dibutuhkan masyarakat.

Be part of solution. It spread the authentic advocacy”.

Brand harus memposisikan diri sebagai pemecah masalah ekonomi, sosial dan lingkungan sebagai “reason for being” dari operasinya.

Selanjutnya 3 taktik komunikasi Brand dengan konsumen selama masa krisis adalah sebagai berikut:

Komunikasi harus dilakukan secara digital, akibat dari adanya himbauan social distancing dan stay at home. Dengan demikian Covid-19 menandai datangnya “Renaissanse of digital adaption”

Di tengah krisis perusahaan akan mengalami kesulitan cash/revenue maka brand harus secara smart & creative dengan sesedikit mungkin mengeluarkan biaya.

Covid-19 telah melahirkan rasa senasib dan sepenanggung jawab dan menciptakan tujan bersama untuk melawannya, maka brand harus dapat berkontribusi melalui gerakan bersama untuk mendorong masyarakat/komunitas melakukan aksi melawan Covid-19. Create common goal, create common enemy and drive customer to move.