Business Model Design & Innovation

Menemukan konsep mengenai bagaimana sebuah produk/perusahaan memilih pasar, 

menciptakan nilai, mengalokasi sumberdaya, dan menciptakan keuntungan.

Model bisnis (business model) menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan menangkap, menciptakan, dan memberikan value ke stakeholders-nya.

 

Karena itu sebuah model bisnis yang efektif harus mengandung market opportunity concept, unique value proposition, processoperation model, resourcescompetitive advantages, dan robust profit formula.

 

Solusi bertujuan memetakan elemen-elemen tersebut dan merangkaikannya satu sama lain sehingga tercipta model bisnis yang kompetitif dan sustainable

Client Impact Story

Sebuah startup yang bergerak di online travel agent (OTA) mendiferensiasi diri dengan tidak masuk ke pasar komoditi (penjualan tiket dan kamar hotel) yang sudah terlanjur dikuasai pemain besar.

 

Perusahaan ini ingin fokus memberikan highvalue tour package yang memungkinkannya keluar dari persaingan harga dan mendapatkan marjin yang lebih tinggi.

 

Pertanyaannya, bagaimana model bisnis yang hendak dibangun untuk mengajak travel agent lokal sebagai cocreating partner untuk memasarkan produk ke para travellers.

 

Bersama klien kami merumuskan konsep model bisnis inovatif, setelah itu menyusun business plan untuk mengakuisisi dan mengembangkan cocreating partners.