fbpx

Contribution to Society

Kami memberikan kesempatan kepada Inventurer untuk berkontribusi pada masyarakat dalam bentuk pemberdayaan UKM, promosi merek lokal/nasional, dan pengembangan pengetahuan di bidang bisnis/pemasaran.

Sebagai bagian dari masyarakat kami juga mendorong Inventurer untuk peduli kepada persoalan-persoalan lingkungan, masyarakat, dan negara dalam bentuk aktivitas riil yang punya dampak berarti. Mengacu pada bidang ekspertis yang ditekuni, kami memfokuskan aktivitas ini ke dalam tiga area.

 

  • SME Empowerment

Sejak 2013 secara konsisten kami melakukan aktivitas untuk mengembangkan kapasitas UKM melalui dukungan kepada Komunitas Memberi. Aktivitas ini mencakup penyelenggaraan Kelas Inspirasi (company visit & benchmarking), Kelas Pengetahuan (business knowledge seminar), Kelas Keterampilan (business skills workshop) kepada para pelaku bisnis UKM. Pendekatan yang digunakan adalah pembelajaran berbasis komunitas (communitybased learning).

 

  • Local and National Brand Promotion

Kami juga berkomitmen untuk turut mengembangkan brand lokal dan brand Indonesia melalui penyelenggaraan Indonesia Brand Forum (terselenggara pada tahun 2014, 2016, dan 2017). Di samping itu kami juga melakukan riset dan penulisan buku yang mendokumentasikan kontribusi dan strategi mengembangkan brand lokal/nasional.

 

Buku-buku yang telah kami terbitkan antara lain: Beat the Giant (Gramedia Pustaka Utama, 2014), Global Chaser (Gramedia Pustaka Utama, 2016), The Second Generation Challenges (Gramedia Pustaka Utama, 2018). Melalui berbagai aktivitas tersebut kami mendorong dan mempromosikan agar brand lokal/nasional menjadi tuan rumah di negeri sendiri.  

 

  • Thought Leadership in Marketing

Kami juga konsisten mengembangan pengetahuan dan konsep mengenai branding dan marketing dalam bentuk penulisan kolom di media nasional secara reguler, penerbitan laporan riset, penulisan whitepaper dan ebook, wawancara oleh berbagai media nasional baik cetak maupun digital, acara talkshow radio nasional, maupun penerbitan buku. Buku terakhir kami Millennials Kill Everything (Gramedia Pustaka Utama, 2019) merupakan national best seller dan menjadi acuan kalangan bisnis terkait perilaku konsumen milenial.

 

Dalam rangka menjadi thought leader di bidang marketing kami juga meluncurkan Inventure Knowledge sebuah plaform digital yang menerbitkan kajian dan pemikiran kami di bidang branding dan marketing. Melalui platform ini kami menerbitkan kajian dan pemikiran kami dalam bentuk artikel, ebook, podcast, dan video.