Customer-Centric Segmentation

Menemukan pendekatan segmentasi dari perspektif yang unik berdasarkan riset konsumen 

baik demografik, psikografik, maupun perilaku.

Berdasarkan analisis yang mendalam terhadap karakteristik konsumen (demografis, psikografis, perilaku) solusi ini membantu klien menemukan pendekatan segmentasi pasar yang unik dan mencerminkan alasan pembelian konsumen (customer’s reason to buy) sehingga mempertajam kemampuan perusahaan dalam mengalokasikan sumber daya untuk mengembangkan pasarnya.

Client Impact Story

Pasar muslim berkembang sangat cepat di Indonesia sejak tahun 2010, kami menyebutnya “Revolusi Pasar Muslim. Revolusi ini digerakkan oleh meningkatnya religiositas kaum muslim dimana aspek-aspek kehidupan horisontal (muamallah) mulai dikaitkan dengan kaidah-kaidah Islam. 

 

Hal ini mendorong tumbuhnya industri-industri baru yang berkembang amat pesat seperti industri hijab dan kosmetik halal, bank dan keuangan syariah, makanan halal, hotel dan pariwisata syariah, hingga pengumpulan zakat/sodakoh.

 

Untuk memotret pasar muslim di Indonesia kami mengembangkan model segmentasi yang simpel dan betul-betul mencerminkan nilai-nilai dan perilaku konsumen muslim.

 

Segmentasi tersebut menghasilkan empat jenis konsumen muslim yaitu Apathis, Rationalist, Conformist, dan Universalist. Model segmentasi ini kini menjadi model standar di pasar muslim dan banyak diadopsi oleh berbagai brand muslim di Indonesia.