Search
Close this search box.

Saatnya Profesional Berbagi
untuk UKM Indonesia

Building Local Brand

Komunitas Memberi sebuah komunitas yang diinisiasi para anak negeRI yang peduli terhadap perkembangan merek lokal Indonesia khususnya di lingkungan usaha kecil dan menengah (UKM) dan industri kreatif. Inisiatif ini dilandasi oleh kepedulian untuk membangun merek-merek lokal tangguh di sektor UKM/industri kreatif dalam berkompetisi di pasar global.

Inspiration, Knowledge, Skill

Inisiatif ini berupaya untuk menggalang kontribusi dari para profesional yang bekerja di berbagai perusahaan (baik perusahaan nasional maupun asing) untuk berkontribusi menyumbangkan inspirasi, pengetahuan, dan ketrampilan yang mereka miliki kepada para pelaku UKM/industri kreatif dari seluruh pelosok  negeRI.

The Mission

  • Membangun kekuatan merek (building brand) di lingkungan sektor industri kecil-menengah (UKM) dan industri kreatif melalui penyebaran inspirasi, pengetahuan, dan ketrampilan.
  • Menumbuh-suburkan semangat dan budaya memberi (spirit of giving & culture of giving) di kalangan para eksekutif di Tanah Air sehingga bisa menghasilkan kontribusi yang bermanfaat bagi kemajuan Indonesia.

Why Professionals?

  • Para profesional yang bekerja di perusahaan di jenjang apapun mereka (dari supervisor hingga direktur utama) memiliki kemampuan, ketrampilan, dan pengalaman yang sangat baik di bidang pengelolaan (operasi, pemasaran, keuangan, SDM, kepemimpinan, dsb).
  • Dengan pengetahuan dan pengalaman yang sangat solid tersebut, mereka merupakan aset yang sangat berharga bagi kemajuan Indonesia. Dan aset berharga itu termanfaatkan jika pengetahuan dan pengalaman mereka bisa dibagikan kepada pihak lain.
  • Itu sebabnya melalui inisiatif ini kami mengetuk hati mereka untuk berbagi mengkontribusikan pengetahuan dan pengalaman tersebut kepada pihak yang membutuhkan yaitu para pelaku UKM/industri kreatif.

The Initiative

  • Aktivitas utama dari komunitas “Profesional Untuk UKM” adalah menyelenggarakan sesi-sesi pengajaran dan coaching yang dijalankan secara kontinyu dimana para profesional perusahaan menjadi pengajar/coacher dan para pelaku UKM/industri kreatif sebagai partisipan.
  • “Profesional Untuk UKM” merupakan inisiatif yang non-profit dimana para profesional yang mengajar tidak mendapatkan imbalan finansial: mengajar di program ini merupakan bentuk kontribusi mereka kepada orang lain dan manifestasi dari spirit of giving. Sementara para partisipan juga tidak ditarik biaya untuk mengikuti sesi-sesi tersebut.

Past Classes (#KelasInspirasi)

  1. Giving Spirit: “Building a Giving Company: The JNE Story” Oleh Johari Zein, Pendiri dan Presiden Direktur PT.JNE, September 2013
  2. Technology: “Biotech for UKM: Learning from Biofarma” Oleh
    Iskandar, Presiden Direktur, Biofarma, November 2013
  3. Innovation and Creativity: “Creating Breakthrough Biz Idea: Froggy Challenge” Oleh Fernando Iskandar, Pendiri dan CEO Froggy Edutography, November 2013
  4. Brand Management: “Branding Indonesia Coffee: Opportunity and Challenges Oleh Priyantono Rudito, Ph.D, Direktur SDM PT. Telkom, Desember 2013
  5. Global Marketing: “Conquering Global Market: The Inaco Experiences” Oleh
    Erijanto, Pemilik dan CEO PT Inaco Food, Januari 2014
  6. Marketing Management: “Workshop Marketing Plan 2014” Oleh Yuswohady, Pakar Pemasaran, Januari 2014

Why Professionals?

Komunitas Memberi memiliki agenda #kelasInspirasi, #KelasPengetahuan, dan #KelasKeterampilan yang reguler dan sistematis sepanjang tahun. Kelas-kelas tsb diperuntukkan bagi para pelaku UKM secara gratis

#KelasInspirasi umumnya berupa company visit dan sharing dari manajamen.

#KelasKeterampilan berbentuk workshop sehari penuh.

#KelasPengetahuan berbentuk seminar 2-3 jam

Past Classes (#KelasKetrampilan)