Market & Competitor Intelligence

Kajian perubahan pasar dan dinamika pesaing yang menjadi dasar penyusunan strategi bisnis. 

Di era disrupsi gerak konsumen dan pesaing adalah “moving target” yang kian sulit dideteksi. Studi intelijen mengenai karakateristik konsumen (demografis, psikografis, perilaku) dan tren perubahannya ke depan.

 

Studi intelijen mengenai perubahan lingkungan bisnis yang memengaruhi pesaing (competitor’s driver of changes), arah gerak dan strategi bisnis pesaing, dan eksekusinya di lapangan (competitor’s strategy moves). 

 

Dua studi harus dilakukan oleh marketing strategist untuk mendapatkan insight dalam penyusunan strategi bisnis.

Client Impact Story

Pada tahun 2014 sebuah perusahaan telekomunikasi terbesar di Tanah Air membentuk divisi baru untuk melayani segmen usaha kecil-menengah (UKM). 

 

Data resmi dari pemerintah menunjukkan bahwa jumlah UKM di Indonesia sangat besar mencapai 55 juta usaha. 

 

Namun tidak jelas berapa di antara jutaan UKM itu yang memiliki anggaran untuk layanan telekomunikasi atau informasi, bagaimana karakteristik segmennya, dan bagaimana cara menggarapnya.

 

Dengan mengombinasikan data sekunder dari pemerintah (BPS) dan survei kualitatif (FGD/indepth interview) kami mencoba menghitung potensi pasar UKM, mengetahui karakteristiknya, dan menyusun strategi untuk menggarapnya.

 

Berdasarkan pemahaman terhadap pasar UKM ini tim account management (AM) dalam menggarap dan mengembangkan pasar.

 

Go to market strategy yang digunakan tidak bisa dengan pendekatan B2B (business to business) maupun B2C (business to consumer) tapi melalui pendekatan community marketing.