Marketing Plan

Kajian lingkungan bisnis, perumusan tujuan dan strategi pemasaran, penyusunan inisiatif/program, ukuran kinerja, dan rencana implementasinya

Setiap tahun perusahaan perlu melakukan analisis linkungan bisnis (business landscape analysis) dan penerawangan tren pasar (market outlook) selama setahun ke depan.

 

Berdasarkan kajian tersebut perusahaan harus merumuskan strategi dan langkah perencanaan (action plan) yang akan menjadi panduan dalam memenangkan persaingan selama setahun ke depan.

 

Perumusan marketing plan menghasilkan strategi, inisiatif, dan program berikut indikator capaiannya yang akan memandu marketing strategist dalam melakukan eksekusi.

Client Impact Story

Bank menghadapi tekanan berat dari fintech yang berpotensi mendisrupsi layanan perbankan. Divisi kartu kredit dari bank BUMN yang masuk dalam “The Big Three” bank terbesar di Indonesia tak lepas dari tekanan tersebut. 

 

Dalam waktu hanya sebulan kami membantu tim di divisi kartu kredit untuk merumuskan marketing plan dengan mengusung tiga pilar strategi yaitu mendigitalkan proses bisnis untuk menciptakan user experience yang lebih baik dan efisien (digital environment), memperluas dan memperdalam konsumen melalui pendekatan ekosistem (digital ecosystem), dan melakukan kolaborasi dengan platform digital/marketplace (digital partnership).

 

Maka di akhir tahun 2019 divisi ini harus mengembangkan sebuah digital strategy untuk merespons perubahan tersebut.

 

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang diliputi fear of disruption, divisi ini lebih konfiden dan lebih fokus dalam melangkah dan mengalokasi sumber daya di tahun 2020.