Search
Close this search box.

Mindful Leadership - Budiman Goh

Budiman Goh, seorang praktisi berpengalaman dalam industri FMCG, menyoroti strategi penting dalam ekspansi internasional. Menurutnya, langkah pertama yang krusial adalah membangun pangsa pasar yang kuat di dalam negeri sebelum merambah ke pasar global. Dalam pandangannya, ekspor yang sukses memerlukan komitmen yang serius, termasuk pendirian operasi di negara tujuan ekspor, mulai dari pabrik hingga kantor perwakilan.

Budiman juga menekankan pentingnya pergeseran fokus dari ekspor bahan mentah menjadi produk yang sudah diproses di dalam negeri. Ini menandakan adopsi strategi nilai tambah yang akan membawa lebih banyak manfaat ekonomi bagi Indonesia. Dia menggambarkan perusahaan-perusahaan Indonesia yang berhasil di luar negeri telah melakukannya dengan membuka pabrik dan kantor di negara tujuan ekspor serta memperhatikan aspek budaya lokal.

Dalam visinya, ekspansi internasional perusahaan Indonesia membutuhkan inisiatif yang tepat dan komitmen yang kuat untuk bersaing di pasar global. Hal ini mencakup pemahaman yang mendalam terhadap budaya, bahasa, dan kebiasaan konsumen di negara sasaran. Dengan pendekatan yang benar, Budiman yakin bahwa perusahaan-perusahaan Indonesia dapat meraih sukses di tingkat global dan membawa manfaat yang signifikan bagi perekonomian Indonesia secara keseluruhan.