Coaching #1: Syamsul Anan Owner Bubur Ayam Joli

by InventureID
0 comment

BACKGROUND

Bubur Ayam Joli memberikan layanan home delivery sejak 2018 berbasis di Palembang. Setelah membuktikan kesuksesan awal di Palembang, kini Bubur Ayam Joli bersiap scale-up melebarkan pasar dgn masuk ke Jawa, ekspansi dimulai dr Karawang.

PROBLEM
Untuk menjalankan ekspansi pasar, Bubur Ayam Joli harus merumuskan strategi marketing secara lebih tajam dgn rumusan value proposition dan brand value yg lebih clear. Simpelnya mengubah dr strategi RAMBO mjd SNIPER.

SOLUTION
#1. Menegaskan target pasar dgn melakukan SEGMENTASI ke dalam 3 segmen yaitu: karyawan perkantoran (white collar), karyawan pabrik (blue collar), dan rumah sakit (tenaga medis & pengunjung) dan kmd memetakan profil n needs-nya.

#2. Berdasarkan profil 3 segmen tsb mengembangkan konsep value proposition  utk msg2 segmen. Value proposition terbagi mjd dua yaitu FUNCTIONAL (rasa, kepraktisan, kecepatan layanan, etc) & EMOTIONAL (achievement, togetherness, productive, etc). Value Proposition ini mjd dasar pengembangan produk/packaging dan pelaksanaan promosi (online+offline).

#3. Bubur Ayam Joli harus mulai mengembangkan BRAND IDENTITY dg mengedepankan EMOTIONAL VALUE utk menciptakan emotional connection dgn 3 segmen yg dibidiknya. Brand identity kuat ini yg memungkinkan Bubur Ayam Joli.

Teman-teman UKM yg mau ikutan coaching berikutnya FREE!

You may also like

Leave a Comment