Coaching #5: Mohamad Ilham Owner UD Sari Aren

by InventureID
0 comment

BACKGROUND
Pada tahun 2019, Sari Aren mulai memproduksi produk gula aren organik yang lebih sehat dan membantu komunitas petani aren dengan pola “fair trade”. Berlatar aktivis lingkungan, Mohamad Ilham sang owner berkomitmen membantu ibu-ibu dengan mempekerjakan mereka mengolah dan mengemas gula aren. Terlebih saat ini gula aren sedang digandrungi berkat maraknya kedai kopi kekinian dan populernya minuman boba.

PROBLEM
Dengan mengusung brand Gula Aren, Ilham sudah mampu rutin memasok Indomaret Point Coffee di seluruh Riau. Seiring kapasitas produksi yang meningkat, Ilham memperluas pasarnya ke seluruh Indonesia. Mengingat penerimaan pasar luar negeri yang sangat bagus, Ilham juga ingin mulai merintis pasar ekspor.

EXECUTABLE ACTIONS

1. Untuk menjamin pasok dari sisi hulu, Sari Aren harus mulai mengedukasi petani untuk beralih dari bertanam sawit ke aren mengingat bernilai lebih tinggi dan lebih sustainable bagi lingkungan

2. Kemampuan memasok Indomaret Point Coffee di kawasan Riau, merupakan modal beeharga untuk melebarkan sayap memasok ke Point Coffee di seluruh Indonesia (sourcing tak bisa terpusat sehingga terpaksa harus satu-satu). Tim penjualan harus mulai dibentuk untuk masuk ke jaringan kedai-kedai kopi yang kini sedang menjamur.

2. Menembus pasar global dilakukan dengan memanfaatkan platform marketplace global (Alibaba, etc) untuk membangun jejaring dan mendapatkan buyers global.

Teman-teman UKM yang mau ikutan coaching berikutnya FREE!

You may also like

Leave a Comment