Search
Close this search box.

Coaching #6: Muadzin Jihad Hafizh Suradiharja Owner Forest Bubble Drink

BACKGROUND
Forest Bubble drink berdiri sejak 21 Juli 2017 dengan main bisnisnya sebagai pemasok bahan baku yang bergerak dibidang Food & Beverage, Drink Powder dan Flavour. Saat ini Forest Bubble drink fokus untuk menyediakan bubuk minuman (drink powder) kualitas premium dengan beranekaragam rasa yang dapat digunakan untuk HOREKA (Hotel Resto dan Kafe)

PROBLEM
Di saat pandemi dimana penjualan makanan dan minuman secara online meningkat, pasar Forest Bubble Drink pun naik. Dengan memanfaatkan momentum pandemi, Muadzin dan Hafizh ingin melebarkan sayapnya membangun network dan memperluas pasarnya baik di sisi B2C, UKM, maupun B2B.

Saat ini Forest Bubble Drink memiliki 10 accounts untuk B2B, penetrasi ke pasar UKM masih belum fokus, di sisi lain penjualan di platform e-commerce berjalan cukup efektif.

ACTION

1 Fokus ke 3 core segments Forest Bubble Drink: pertama, mass consumers (retail). Kedua, UKM customers (kedai mamin, resto, kafe). Ketiga, corporate/B2B (resto & cafe chains). Utk segmen retail sdh berjalan baik bahkan sdh mjd top seller di marketplace.

2. Untuk membangun segmen UKM yang solid perlu menggunakan pendekatan community activation. Posisikan brand sbg “mitra UKM untuk bangkit dari krisis pandemi”. Bantu pelaku UKM melalui training, inovasi menu, pendampingan, konten bisnis, etc. Bogasari Baking Center (BBC) bisa menjadi benchmark.

2. Untuk segmen korporat/B2B harus mulai serius memperdalam customer management & relationship dengan mulai serius menjalankan account management (AM). Jalani fungsi AM yaitu Get-Keep-Grow (akuisisi pelanggan baru, pertahankan pelanggan lama, kembangkan pelanggan agar lebih besar) secara disiplin. Bentuk tim AM, tetapkan target masing-masing, dan evaluasi/monitor proses penjualan tiap minggu.

3 Forest bubble drink harus mulai proaktif mendekati korporasi-korporasi untuk mendapatkan akses pasar dan memperluas network B2B.

Teman-teman UKM yang mau ikutan coaching berikutnya FREE!

Personal Branding Matters

Personal Branding Matters

Inilah kesalahan terbesar CEO, manager, dan biz owner UKM, yaitu tidak mensinergikan personal branding dengan business branding usahanya. Lalu bagaimana…

The Birth of Leisure Economy

The Birth of Leisure Economy

E-book ini mengulas mengenai kondisi bisnis Indonesia yang mulai mengalami pergeseran konsumsi masyarakat secara pelan tapi pasti. Terdapat 3 pembagian…

The Dark Global Economy, The Brigth Local Champions

The Dark Global Economy, The Brigth Local Champions

Tahun 2023 akan menjadi tahun yang penuh tantangan dan harapan baru yang ditandai oleh 3 change drive seperti disrupsi pasca-pandemi,…

Welcome The Age of FOMO Marketing

Welcome The Age of FOMO Marketing

Pernahkah kamu memantau situs penjualan tiket (hingga berjam-jam) untuk dapat menonton konser idolamu? Atau, apakah kamu seorang yang selalu mengecek…

The Rise of Ecosystem Selling

The Rise of Ecosystem Selling

Di era digital, penjualan B2B (business to business) tidak bisa lagi dilakukan ke konsumen secara individual (satu-persatu), tapi menggunakan pendekatan…