Coaching #7: CREATE EARLY WIN Owner Michael Harey’s

by InventureID
0 comment

BACKGROUND
Michael Harey’s berdiri sejak tahun 1996 dengan fokus pada pembuatan jas pria untuk untuk keperluan formal, jas pengantin ataupun jas non formal yang bersifat custom. Untuk mendapatkan pelanggan, Harey’s banyak mengandalkan pemasaran melalui media sosial.

PROBLEM
Haresh, sang owner, sejak lama berencana akan membuka toko cabang karena selama ini hanya memiliki satu toko yang terletak di Metro Atom Plaza. Namun, Haresh selalu ragu untuk memulai. Haresh juga mengalami masalah dalam merekrut karyawan terutama penjahit, yang menjadi tulang punggung operasi bisnisnya.

SOLUTION

1. Untuk memulai ekspansi bisnis (buka cabang baru) hal pertama yang perlu dimiliki oleh seorang entrepreneur adalah keberanian. Begitu banyak pertimbangan dipikirkan sehingga langkah pertama tak kunjung dilakukan. Mental block inilah yang pertama-tama harus dihilangkan. “Just do it, fail fast, learn fast.

2. Haresh merasa tergantungan kepada tenaga penjahit yang telah dibinanya selama ini. Ia takut jika penahit ini keluar maka bisnisnya terhenti.

Menghadapi masalah pelik ini tiga opsi bisa dilakukan: pertama, memperbaiki leadership. Kedua, manajemen kinerja dan insentif yang kompetitif. Ketiga, talent scouting dan rekrutmen penjahit baru harus dilakukan secara reguler.

3. Pembukaan toko cabang baru harus dibuka untuk dijadikan pilot project dan all-out disukseskan. Karena kesuksesan awal ini akan menghancurkan “mental block” kegagalan, dan menjadi batu loncatan penting untuk merengkuh sukses-sukses berikutnya, yaitu pembukaan kantor-kantor cabang lain yang lebih banyak.

Teman-teman UKM yang mau ikutan coaching berikutnya FREE!

You may also like

Leave a Comment