Coaching #8: It’s Time to Scale-Up Owner Lakucreative

by InventureID
0 comment

BACKGROUND
Lakucreative merupakan layanan multijasa yang menyediakan layanan design untuk marketing dan branding sejak tahun 2017. 80% konsumen utamanya adalah para pelaku UMKM. Saat ini Lakucreative telah menggarap berbagai desain untuk sosial media, kemasan, marketing kit, voucher, merchandise hingga kalender.

PROBLEM
Pandemi menggeliatkan penggunaan media digital untuk promosi. Akibatnya, jasa desain yang dikelola oleh Yos pun ikut naik. Dengan memanfaatkan momentum pandemi, maka kini lah saatnya untuk cepat melakukan scaling-up.

ACTION

1 Untuk memulai scale-up hal pertama yang perlu dilakukan adalah menetapkan tiga segmen prioritas yang akan menjadi symber pertumbuhan, yaitu: pertama, pelaku UMKM dan individu yang kini menjadi pilar utama. Kedua, korporasi dan institusi. Ketiga, menembus pasar internasional, pasar dengan melayani agensi-agensi desain dari luar negeri.

2. Menata dua sisi operasi inti yaitu: “front-end” dan “back-end”. Front-end adalah membangun tim marketing utk melayani tiga segmen prioritas. Back-end adalah mengelola para vendor yaitu para desainer outsource yang menangani pekerjaan desain Lakucreative.

3. Menata sistem supporting-nya meliputi fungsi finance/accounting, HRD, dan aspek legal terutama izin badan usaha yang saat ini belum ada.

Teman-teman UKM yang mau ikutan coaching berikutnya FREE!

You may also like

Leave a Comment