Search
Close this search box.

POLA BELANJA RAMADAN-LEBARAN

Seminggu sebelum Ramadhan masyarakat khususnya emak-emak mulai banyak memborong kebutuhan puasa khususnya makanan-minuman. Pada saat lebaran konsumsi lebih banyak ke makanan-minuman di resto. Atau belanja fesyen di mall or pasar. Seiring dengan masyarakat mulai kembali dari mudik, minat belanja pun pelan-pelan mulai surut.

Saya mencoba membikin sebuah model mengenai pola belanja masyarakat SEBELUM Ramadhan, SELAMA Ramadhan-lebaran, dan SETELAH lebaran.

Modelnya seperti terlihat pada gambar:

+ SEBELUM RAMADHAN

Seminggu sebelum Ramadhan masyarakat khususnya emak-emak mulai banyak memborong kebutuhan puasa khususnya makanan-minuman.

Kata emak-emak: “Borong untuk persiapan puasa”. Banyak dari emak-emak yang “menimbun” persediaan makanan-minuman, layaknya mau lockdown aja

+ SELAMA RAMADHAN (minggu 1 & 2)

Di minggu 1 & 2 Ramadhan minat belanja masyarakat cenderung datar bahkan menurun. Wajar karena kaum muslim sedang fokus-fokusnya menjalankan ibadah puasa.

+ SELAMA RAMADHAN (minggu 3 & 4)

Menginjak minggu ke-3 (setelah “lailatul qadar”) minat belanja mulai merangkak naik dan memuncak.

Masyarakat sudah mulai terbayang kehebohan mudik di kampung. Dan saat mudik, mereka harus bawa oleh-oleh. Tak heran jika oleh-oleh adalah  item produk yang laris-manis.

Produk-produk yang laris di 1-2 minggu menjelang lebaran ini tak jauh-jauh dari: busana muslim, makanan kaleng, makanan ringan/kue Kering, sirup, kurma, perlengkapan sholat, peralatan dapur, hampers/parcel lebaran.

+ SETELAH LEBARAN

Pada saat lebaran konsumsi lebih banyak ke makanan-minuman di resto. Atau belanja fesyen di mall or pasar. Seiring dengan masyarakat mulai kembali dari mudik, minat belanja pun pelan-pelan mulai surut.

Follow @yuswohady

Personal Branding Matters

Personal Branding Matters

Inilah kesalahan terbesar CEO, manager, dan biz owner UKM, yaitu tidak mensinergikan personal branding dengan business branding usahanya. Lalu bagaimana…

The Birth of Leisure Economy

The Birth of Leisure Economy

E-book ini mengulas mengenai kondisi bisnis Indonesia yang mulai mengalami pergeseran konsumsi masyarakat secara pelan tapi pasti. Terdapat 3 pembagian…

The Dark Global Economy, The Brigth Local Champions

The Dark Global Economy, The Brigth Local Champions

Tahun 2023 akan menjadi tahun yang penuh tantangan dan harapan baru yang ditandai oleh 3 change drive seperti disrupsi pasca-pandemi,…

Welcome The Age of FOMO Marketing

Welcome The Age of FOMO Marketing

Pernahkah kamu memantau situs penjualan tiket (hingga berjam-jam) untuk dapat menonton konser idolamu? Atau, apakah kamu seorang yang selalu mengecek…

The Rise of Ecosystem Selling

The Rise of Ecosystem Selling

Di era digital, penjualan B2B (business to business) tidak bisa lagi dilakukan ke konsumen secara individual (satu-persatu), tapi menggunakan pendekatan…